71 Bakal Cakades di Parigi Moutong Mengikuti Seleksi Tambahan

Abu Abidzar_ Dzaky
Sebanyak 71 bakal Cakades mengikuti ujian tertulis dan wawancara sebagai bagian dari tahapan Pilkades, Senin, 6 Juni 2022. (Foto : Zunandar)

LANDASAN.ID – Sebanyak 71 Bakal Calon Kepala Desa (Cakades) dari 11 desa di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, menjalani seleksi tambahan pada tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2022.

“Secara regulasi yang di atur oleh Peraturan Gubernur (Pergub) Cakades lebih dari lima peserta akan menjalani tes tambahan yang dilakukan P2KD kabupaten,” ungkap Kepala Bidang Pemerintahan Desa, pada Dinas PMD Parimo, Agus Salim saat ditemui di Parigi, (7/6/22).

Menurut dia, seleksi tambahan tersebut terdiri dari ujian tertulis dan wawancara. Sementara presentase penilaian, ujian tertulis 50 persen, wawancara 35 persen dan pengalaman kerjanya 15 persen.

“Penguji yang wawancara itu di antaranya Kadis PMD, Ketua P2KD kabupaten, Sekretaris P2KD kabupaten,” ungkapnya.

Dia mengatakan, ujian tertulis ini merupakan salah satu tahapan dalam pemilihan kepala desa. Sehingga, diharapkan kepada para peserta dapat menjawab seluruh soal dengan baik.

Agus menyebut, Cakades terbanyak pendaftar untuk tahun ini, di desa Ambesia Selatan dengan jumlah 8 orang peserta

Dalam ujian tertulis kata dia, calon kepala desa akan mengisi sedikitnya 50 soal, dengan durasi waktu yang diberikan selama satu jam. Kemudian, dilanjutkan dengan tes wawancara. Masing-masing calon kades diberi waktu 10-12 menit.

“Nilainya 50 persen, jadi 35 persen wawancara, selebihnya 15 persen pengetahuan umum dan pengalaman kerja,” ujarnya.

Selanjutnya kata dia, akan dilakukan pemeriksaan dan penyerahan hasil ujian pada 7 Juni 2022, dan pengumuman bakal Cakades pada 9 Juni 2022.

“Kemudian, 10 Juni 2022 penyampaian bakal calon yang dinyatakan lolos atau tidak dari hasil ujian tertulis dan wawancara. Pada 12 Juni, itu penetapan calon yang berhak dipilih oleh P2KD,” pungkasnya.

REDAKSI EQUATORNEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *