Asisten Bidang Administrasi Umum Hadiri Rakor Pembukaan Peningkatan IPM Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah

Avatar
Asisten Administrasi Umum Ir.Sitti Wahyuni Borman, M.Si Foto: Istimewa

Landasan.id – Mewakili Bupati dan Wakil Bupati Parimo Assisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Sitti Wahyuni Borman hadiri Rakor pembukaan peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Tingkat Provinsi Sulteng, kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi tengah H.Rusdy Mastura bertempat diHotel Best Western Plus Coco Palu Senin (28/11/2022).

Peserta Rakor juga diikuti Wali Kota dan Sejumlah pejabat Pimpinan daerah Bupati se sulawesi tengah serta unsur Forkopimda, pimpinan instansi vertikal dan jajaran kepala OPD terkait di lingkungan provinsi Sulteng.

Mengawali sambutanya Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng)  Rusdy Mastura  mengatakan Indeks Pembangunan Manusia ( IPM)  Provinsi Sulawesi Tengah lebih rendah jika dibandingkan dengan provinsi lainnya, saat ini Provinsi Sulteng secara Nasional masi berada pada urutan ke-25.

“ untuk provinsi kita saat ini lebih rendah dari capaian IPM nasional yang sebesar 72,29 Poin, tentunya Saya sangat mengharapkan semua perangkat daerah provinsi dan perangkat daerah kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah agar menjadi perhatian serius untuk terus berupaya berkoordinasi dalam rangka mengidentifikasi berbagai permasalahan dan merumuskan langkah-langkah strategis dalam upaya peningkatan IPM Provinsi Sulawesi Tengah khususnya pada bidang pendidikan dan kesehatan,” ujar gubernur.

Kepala Bappeda Provinsi Sulteng Christina Shandra Tobondo dalam sambutanya juga mengatakan capaian IPM Sulteng 2021 sebesar 69,79 poin, sementara untuk target tahun 2023 dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulawesi Tengah sebesar 69,87 poin. Selain itu di dalam RKP 73,31-73,36 poin dan disepakati pada saat pelaksanaan Rakortekrenbang 71,27 poin.

Tambahnya mengatakan bidang pendidikan rata-rata lama sekolah capaian tahun 2021 yaitu 8,89 tahun dengan harapan lama Sekolah tahun 2021 yaitu, 13,23 tahun. Berarti usia rata- rata lama sekolah hanya berada di jenjang pendidikan SMP kelas satu, dan harapan lama sekolah masih berada di jenjang pendidikan Diploma Satu.

Sumber : Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *