Lebih Untung Sewa, Pemkab Parigi Moutong Stop Pembelian Mobil Baru

Abu Abidzar_ Dzaky
Sekretaris Daerah Parigi Moutong, Zulfinasran saat membuka kegiatan Workshop Sasaran Kinerja Pegawai (Foto : Prokopim)

LANDASAN.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong, meniadakan pengadaan mobil dinas baru untuk kedepannya.

Untuk kepentingan operasional pemerintahan, Pemkab Parigi Moutong akan memilih solusi yang lebih menguntungkan, yakni sewa mobil dari pihak ketiga.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, Zulfinasran Ahmad STTP MAP, di rujab bupati, belum lama ini.

“Keputusan ini diambil, usai konsultasi kami dengan KPK belum lama ini,” ujar mantan Kepala Bappelitbanda, Kadis PUPR, dan Kadis Perhubungan Kabupaten Parigi Moutong itu.

Menurutnya, efisiensi belanja pemerintah daerah dengan menyewa mobil menjadi salah satu keuntungannya. Apalagi penyedia sewa mobil, dapat memberikan beberapa solusinya.

Dia menguraikan, dampak positif lebih banyak lahir dari sewa mobil ketimbang membeli mobil. Salah satunya adalah menyangkut perawatan mobil.

“Kelebihan lebih banyak kalau kita sewa. Terutama menyangkut perawatan. Kalau harus ke bengkel, mobil pengganti ditanggung pihak penyedia,” ujarnya.

Adapun keuntungan pemerintah daerah menyewa mobil operasional dibanding pengadaan mobil baru yaitu, Pemeliharaan dan perawatan kendaraan langsung dilakukan oleh penyedia, Biaya Perawatan sudah termasuk dalam biaya sewa. Mendapat jaminan penggantian kendaraan jika mobil yang disewakan mengalami kerusakan. Masa operasional kendaraan dari penyedia hanya 4 tahun sehingga mobil yang disewakan selalu dalam kondisi yang baik dan layak Pemerintah daerah tidak perlu disibukkan oleh kegiatan penghapusan aset dan pengadaan mobil. nstansi pemerintah tidak akan repot mengurus administrasi operasional kendaraan.

REDAKSI EQUATORNEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *