Pameran UMKM, Semarakan Forkom Bappeda Ke- XX Se-Sulteng

Avatar
Pameran UMKM semarakan Forkom Bappeda Ke-XX se Sulawesi Tengah tahun 2023 (Foto: Ist)

Landasan.id –Palu – Dalam rangka menyemarakan Forum Koordinasi dan Komunikasi (FORKOM) Bappeda Ke-XX Se- Sulawesi Tengah, pemerintah daerah Kota Palu menggelar pameran UMKM yang diikuti 60 Industri Kecil Menengah (IKM). Bertempat, di Halaman Walikota Palu. Sabtu, (28/1/23)

Kegiatan tersebut dihadiri Unsur Forkopimda Kota Palu, Kepala Bappeda Provinsi Sulteng, kepala Bappeda Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tengah.

Dalam laporannya, Sekretaris Bappeda Kota Palu Ibnu Mundzir, SP., M.Eng menyampaikan bahwa Kegiatan pameran ini merupakan rangkaian kegiatan Forum Koordinasi dan Komunikasi (FORKOM) Bappeda Ke-XX Se- Sulawesi Tengah. Dan kegiatan pameran ini dilaksanakan mulai 28 Januari 2023 sampai dengan 31 Januari 2023.

Selanjutnya, Ibnu Mundzir menjelaskan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan pameran UMKM ini adalah pertama, untuk memeriahkan pelaksanaan Forum Koordinasi dan Komunikasi (FORKOM) Bappeda Ke-XX Se- Sulawesi Tengah.

Kedua, memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM dari Kabupaten/Kota se- Sulawesi Tengah.

Ketiga, Sebagai sarana pemasaran yang masif produk unggulan dan potensi ekonomi  pada Kabupaten dan Kota yang berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Palu dr. Reny Lamadjido, Sp.PK., M.Kes menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pelaku usaha UMKM Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tengah yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM.

Selanjutnya, Wakil Walikota Palu Reny Lamadjido menerangkan bahwa tahun 2021, pemerintah daerah Kota Palu telah melakukan kajian potensi dan strategi manajemen UMKM, penataan UMKM untuk validitas data Kota Palu, bantuan modal dasar per keluarga sebesar 10 juta rupiah untuk 420 kepala keluarga, 79 kelompok usaha bersama dan unit usaha produktif, dukungan pemasaran UMKM dengan melakukan publikasi usaha berbasis online, pameran expo produk baik skala lokal maupun nasional.

Kemudian, pada tahun 2022, pemerintah daerah Kota Palu terus melakukan pendampingan bagi UMKM dengan memberikan modal usaha, pelatihan teknik produksi dan pemanfaatan market place melalui digitalisai pemasaran.

Selain itu, Pemda Kota Palu juga telah melakukan kajian penyusunan peta jalan penerapan inkubasi bisnis  berbasis digital,  dimana hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemda Kota Palu terhadap para pelaku UMKM di Kota Palu.

Ia juga mengucapkan rasa bangga dan apresiasi Bappeda Provinsi dan Bappeda Kabupaten/Kita se-Sulawesi Tengah karena Forkom Bappeda tidak hanya bertemu untuk berkoordinasi dan berkomunikasi guna merumuskan kebijakan daerah tetapi juga memikirkan kesejahteraan masyarakat melaui pameran UMKM.

Ia berharap agar para pelaku usaha UMKM bisa naik kelas yang mana hal ini harus didukung oleh seluruh elemen perangkat daerah, swasta dan para stakeholder.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada para pelaku UMKM dan berpesan agar para pelaku UMKM dapat meningkatkan inovasi produk yang diminati pasar dan menjadi selera masyarakat.

“Mari menjaga kebersihan tempat ini, dengan  membuang sampah pada tempatnya.” Tambahnya

Pembukaan Pameran UMKM ditandai dengan pemukulan Gimba oleh Wakil Walikota Palu dr. Reny Lamadjido, Sp.PK., M.Kes, Kepala Bappeda Provinsi Sulteng Dr. Ir. Cristina Sandra Tobondo, MT dan Kepala Bappeda Kota Palu Drs. Arfan, M.Si.

Sumber : Humas Pemprov Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *