Pemda Parigi Moutong Paparkan Ke Pemprov Sulteng Terkait Kesiapan Sebagai Tuan Rumah Festival Durian Tahun 2023

Avatar
Pemaparan Pemda Parigi Moutong terkait Kesiapan Sebagai Tuan Rumah Festival Durian yang dipaparkan oleh Ketua TP-PKK Dra. Hj. Noorwachida Prihartini S. Tombolotutu. Foto: Biro Adpim Pemprov Sulteng

Landasan.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabuapten Parigi Moutong diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Lewis, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK bersama sejumlah pimpinan OPD jajaran pemda Parigi Moutong, memaparkan kesiapan Parigi Moutong sebagai tuan rumah Festival Durian tahun 2023.

Pertemuaan itu dipimpin oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulteng, Drs. Ma’mun Amir yang didampingi Asisten III Provinsi Sadli Lesnusa, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulteng beserta OPD jajaran Pemprov Sulteng. Di ruang kerja Wagub Ma’mun Amir, Senin 27 Maret 2023.

Dalam pertemuan itu, Ketua TP-PKK Parigi Moutong Dra. Hj. Noorwachida Prihartini S. Tombolotutu memaparkan progres persiapan yang telah dilaksanakan oleh pemda selaku tuan rumah Festival Durian tahun 2023. Mulai dari persiapan lokasi, akomodasi, penganggaran serta kesiapan teknis maupun non teknis lainnya.

Menurutnya, potensi Durian yang ada di Parigi Moutong sangatlah besar, contohnya seperti Durian kampung yang memiliki cita rasa dan ciri khas tersendiri.

Ia juga menyampaikan bahwa Varietas Durian yang dikembangkan di Kabupaten Parigi Moutong antara lain Durian Montong, Musang king, Black Trown, Matahari, Super tembaga, Bawor, Petruk dan Durian Lokal Raja. Dari sejumlah jenis diatas didukung dengan pemasaran yang cukup baik.

“Salah satu jenis durian lokal seperti durian raja yang merupakan varietas unggul yang sudah direalis pada tahun 2003. Dan sekarang tumbuh subur di Parigi Moutong,” ujarnya.

Hal ini terbukti dengan kerjasama Pemerintah Daerah Parigi Moutong dan tiga Perusahaan eksportir buah antara lain dari PT. Indo Fruit, PT. Agro Semesta dan PT.Laris Manis Utama dipasarkan kesejumlah kota seperti jakarta, surabaya, kalimantan bahkan kemanca negara seperti China.

“Dari hasil pemaparan tersebut Pemda Parigi Moutong optimis bahwa penyelenggaraan festival ini yang bertajuk ‘Durian Parigi Moutong go internasional’ layak untuk dijadikan ivent Internasional,” pungkasnya.

Sumber : Dokumentasi Bagian Prokopim Setda Parigi Moutong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *