Peringati HPS Serentak di 186 titik Wilayah Se – indonesia : ‘Dinas Ketahanan Pangan Parimo Juga Gelar Gerakan Pangan Murah

Avatar
Dinas Ketahanan Pangan Parimo Juga Gelar Gerakan Pangan Murah Sekaligus mengikuti secara Virtual zoom Peringatan HPS Foto : Prokopim Parimo

Landasan.id – Dinas Ketahanan Pangan Kab.Parigi Moutong Gelar Gerakan Pangan Murah (Pasar Murah) dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia yang dilaksanakan serentak diseluruh Wilayah Provinsi, Kabupaten/Kota se – Indonesia. Kegiatan tersebut Resmi dibuka oleh mendagri Tito Karnavian, diKantor badan pangan nasional Jakarta Selatan.

Turut mengikuti Secara Virtual Pemda Parimo dipimpin oleh Sekertaris Daerah Zulfinasran S. STP, M.A.P didampingi Kadis Ketahanan Pangan Parimo Nurhidayah Ramlah, S.P., M.Si serta sejumlah perwakilan Dinas terkait lingkup Kab. Parimo bertempat Kantor Dinas KP Parimo Senin (16/10/2023).

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Pangan Lokal B2SA untuk Pemenuhan angka kecukupan Gizi anak usia 9 tahun dan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yaitu dengan Gerakan Makan Telur dan Minum Susu untuk pemenuhan gizi protein Hewani.

Berdasarkan arahan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) Tito Karnavian, pemerintah daerah diminta untuk menjaga 3 komoditas yang kerap menyumbang inflasi, diantaranya adalah gula, beras, cabai rawit.

“Sekarang kita di kantor badan pangan nasional dalam rangka Peringati HPS juga sekaligus Rapat koordinasi soal Inflasi.  inflasi kita ini relatif terkendali. Ini nurun bagus dari tahun lalu bulan September 2022, ” Tuturnya.

Tindak lanjut Presiden Joko widodo agar tetap Menjaga stabilitas harga. Bahkan barang jasa karena situasi di dunia gejolak.

Di ketahui bahwa inflasi Negara kita diangka 2,28%. Tapi jangan terlalu happy dengan angka 2,28%. Ini berarti angka yang relatif sangat berjajar dan ini cukup imbang sesuai target dari pemerintah.

Iya menuturkan masalah pangan menjadi sangat penting sekali. Kita spesifik lagi ini setiap Minggu di zoom in, di cek betul oleh BPS memiliki cabang jejaring di seluruh Kabupaten kota.

“Kemendagri akan terus bersama sama dengan seluruh pemerintah daerah untuk siap bekerja sama dalam menjaga stabilitas harga, ” Imbuhnya.

Kadis Ketahanan Pangan Nurhidayah Ramlah ditemui usai kegiatan Mengatakan Pemerintah Parimo dalam rangka Peringati Hari Pangan Sedunia juga menggelar Gerakan Pangan Murah (Pasar Murah).

Gerakan Pangan Murah secara serentak dilakukan oleh Pemerintah diseluruh Indonesia baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun Kota.

Selain Gerakan Pangan Murah Kami juga melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pangan Lokal B2SA untuk Pemenuhan angka kecukupan Gizi anak usia 4 – 9 tahun serta kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Jelasnya untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak sekolah juga menjadi sangat penting bagi anak yang usianya dalam masa pertumbuhan.

“Anak dalam masa pertumbuhan harus mengetahui apa saja yang harus dia konsumsi sehari hari. Kemudian pemberian makanan tambahan yang harus diketahui bahwa protein hewani itu penting, ” Ucapnya.

Ia menuturkan Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan dan berkelanjutan hingga sampai ke tingkat kecamatan agar lebih mempermudah dan menjangkau masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pangan rumah tangganya. Kegiatan ini juga dalam hal menekan inflasi didaerah Parimo.”Tutupnya.

Sumber : Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *