Sambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kementerian PUPR Selenggarakan Donor Darah

Avatar
Foto : Ist

Landasan.id – Jakarta – Dalam rangka meriahkan rangkaian acara menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Poliklinik Kementerian PUPR bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan sosial donor darah yang berlangsung di Ruang Pendopo Kementerian PUPR, Rabu (2/8/2023).

“Kegiatan donor darah di Kementerian PUPR cukup memiliki peserta yang antusias berpartisipasi untuk mendonorkan darah sehingga mencapai target yang ditentukan. Semoga kegiatan donor darah dapat lebih sering kita lakukan bukan hanya saat HUT RI saja, karena setetes darah dapat membantu menyelamatkan nyawa, jiwa, dan raga seseorang,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dari segi kesehatan bagi pendonor, Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum Kementerian PUPR dr. Erlina Kartika Sari mengatakan bahwa mendonor darah memiliki manfaat bagi tubuh. “Karena darah yang ada di dalam tubuh itu ibaratnya sebuah siklus dan sel darah kita otomatis  akan tergantikan dan kalau kita menyumbangkan darah  otomatis  badan kita akan membentuk sel darah yang baru sehingga akan menyegarkan badan bagi pendonor ”, tuturnya.

Dr. Novdini Nurwiryani mengatakan jumlah donor darah yang berhasil didapatkan sebanyak 247 kantong darah dengan 305 jumlah peserta yang mendaftar. Kegiatan donor darah ini diikuti oleh pegawai Kementerian PUPR dari seluruh unit organisasi di lingkungan PUPR. 

Peserta yang akan melakukan donor darah akan diseleksi terlebih dahulu melalui pemeriksaan dari dokter PMI atau screening untuk mengecek apakah para peserta memiliki kondisi badan yang sehat dan memenuhi syarat untuk mendonor darah seperti tensi darah dan kadar sel yang cukup, tidak meminum obat-obatan seperti antibiotik, tidak menggunakan narkoba, dan tidak memiliki riwayat penyakit yang menular.

Akan ada beberapa rangkaian lomba dan acara lainnya untuk merayakan HUT RI Ke-78 seperti lomba karya tulis ilmiah, lomba video pendek, lomba kekompakan tim, lomba senam korpri, basket, catur, gateball, bulu tangkis, voli, tenis meja, festival lagu nusantara, festival merdeka, dan upacara peringatan HUT RI.

Sumber : Website Resmi Kementerian PUPR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *