Wabub Badrun Nggai Kukuhkan Tujuh Desa dan Warga Peduli AIDS, di Kecamatan Torue

Avatar
Wakil Bupati Badrun Nggai, SE. Foto: Prokopim/Azwar

Landasan.id – Sebanyak 61 warga di 7 Desa sekecamatan Torue dikukuhkan menjadi Pelopor peduli AIDS, Warga peduli AIDS (WPA) ini dikukuhkan langsung oleh Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo) Badrun Nggai, SE diaula pertemuan Kantor Camat Torue senin (31/10/2022).

Usai pengukuhan berlangsung Wakil Bupati Badrun Nggai juga memberikan pembekalan Orientasi kepada para kordinator desa, konselor serta WPA untuk bekerja dalam menekan angka AIDS khususnya dikecamatan kasimbar.

Dalam sambutanya wakil Bupati menyampaikan atas nama pemerintah sangat mengapresiasi dengan kegiatan pengukuhan warga peduli AIDS sekecamatan Torue.

“Saya berharap kepada kepada Warga desa peduli Aids yang telah dikukuhkan bisa menjadi pelopor dan benar benar peduli terhadap penyakit aids, karena bagi penderita penyakit aids ini harus cepat diatasi dan berobat secara rutin.” Ucapnya.

Tambahnya menegaskan Konselor juga harus berfungsi untuk menginformasikan kepada pemerintah melalui dinas terkait yaitu dinas kesehatan atau puskesmas terhadap data masyarakat yang terindikasi.

“Saya harap kepada kepala desa yang juga sebagai koordinator didesanya masing masing bertanggung jawab untuk melaporkan masyarakatnya jika ada masyarakatnya yang terindikasi aids, dan bukan hanya penyakit aids saja akan tetapi penyalahgunaan narkhoba bagi para remaja juga harus ditelusuri karena pemicu HIV AIDS berawal dari narkhoba.” Tuturnya.

Mengenai 13 orang yang saat ini mengidap aids dikecamatan Torue “Saya akan mengevaluasi kembali kinerja dari pengurus desa dan kecamatan, sudah sejauh mana kinerja dari pelopor aids ini dalam menekan angka AIDS khususnya di kecamatan Torue.” Ujar Wabup.

Adapun 7 desa yang dikukuhkan yaitu Desa tolai, desa tolai barat, desa tolai timur, desa purwosari, desa torue, desa Astina, dan desa tanalanto.

Sumber : Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *