Wagub Sulteng Terima Kunjungan Staf Ahli KLHK

Avatar
Foto : Ist

Landasan.id – Sulteng – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Ma’mun Amir didampingi Kepala Dinas Kehutanan Ir. A. Rachmansyah Ismail, M. Agr., MP. menerima kunjungan audiensi Staf Ahli Menteri bidang energi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Prof. Dr.Ir. Winarni Dien Monoarfa, MS. beserta rombongan bertempat di ruang kerja wakil gubernur, Selasa (7/3/23).

Dalam audiensi tersebut Staf Ahli Menteri menyampaikan mengenai Indonesia’s Folu Net SINK 2030, adalah sebuah kondisi yang ingin dicapai, terutama tingkat serapan emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan pada tahun 2030 akan seimbang atau bahkan lebih tinggi dari tingkat emisi.

Dalam press release KLHK disebutkan sektor kehutanan memiliki porsi terbesar di dalam target penurunan emisi gas rumah kaca, yakni berkontribusi sekitar 60 persen dalam pemenuhan target netral karbon atau net-zero emission.

Pelaksanaan program tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen sektor kehutanan Indonesia, tidak hanya untuk kepentingan nasional, tetapi juga untuk berkontribusi kepada masyarakat global menuju pemulihan hijau, sekaligus membangun ekonomi yang inklusif, tangguh, dan berkelanjutan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) lanjutnya berencana melaksanakan Sosialisasi dan Workshop Indonesia Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net Sink 2030 di Provinsi Sulawesi Tengah.

Adapun pelaksanaan Sosialisasi dan Workshop dijadwalkan pada tanggal 13 dan 14 Maret 2023, sosialisasi bertempat di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah dan untuk Workshop akan dilaksanakan di Hotel Best Western Kota Palu.

Dalam Pelaksanaan Sosialisasi dan Workshop Indonesia Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net Sink 2030 di Provinsi Sulawesi Tengah turut melibatkan semua pihak yang terkait pengelolaan Kawasan hutan dan perlindungan kelestarian alam antara lain Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, sektor swasta, LSM, yang akan didampingi oleh tenaga ahli  dari perguruan tinggi Universitas Tadulako dan Univeristas Gajah Mada.

Dalam arahannya Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang didampingi Kepala Dinas Kehutanan Ir. A. Rachmansyah Ismail, M. Agr., MP. menyampaikan terimakasih atas kepercayaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dalam penyusunan Rencana Kerja Operasional Sub Nasional Indonesia Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net Sink 2030 di Provinsi Sulawesi Tengah.

Wakil Gubernur berharap kementerian lingkungan hidup dan kehutanan beserta stakeholder terkait lainnya bersama-sama mendorong dan mempersiapkan Sulawesi Tengah dalam menghadapi ibu kota negara (IKN) dan menjadikan Sulawesi Tengah sebagai suplai utama penyangga IKN.

Sumber : EQUATORNEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *