10 Negara Termiskin di Dunia 2023, Siapa Pertama?

Imigran asal Afrika melompati pagar untuk menyelinap ke terminal kapal feri di Yunani, 28 April 2015. Ribuan orang melarikan diri dair timur tengah dan Afrika setelah dilanda kemiskinan dan konflik. REUTERS/Yannis Behrakis

Landasan.id jakarta РSejumlah negara masuk dalam daftar 10 negara termiskin di dunia. Berdasarkan versi IMF, negara termiskin di dunia paling banyak berada di Afrika. Tidak hanya IMF, organisasi lain seperti Bank Dunia (World Bank) juga merilis data serupa. Data tersebut dapat digunakan sebagai indikator untuk menentukan permasalahan yang dihadapi suatu negara. Lantas, siapa sajakah 10 negara termiskin di dunia 2023?

10 Negara Termiskin di Dunia 2023

10. Eritrea

Negara yang dikelilingi Laut Merah ini hanya mencatatkan PDB per kapita sebesar US$ 699,443 (Rp10,6 juta). Eritrea memiliki daratan seluas 45.406 mil persegi yang menampung populasi sekitar 5 juta orang. Pada 2004, 50% penduduknya berada di bawah garis kemiskinan. Sektor penyokong ekonomi di negara ini didominasi oleh pertanian.

9. Mozambik

Republik Mozambik dinobatkan sebagai satu dari 10 negara termiskin di dunia 2023. Nilai PDB per kapitanya sebesar U$$ 578,905 atau setara Rp8,8 juta rupiah. Negara dengan mata uang Metical ini terus menanggung permasalahan pelik. Salah satunya ketimpangan akses pendidikan yang berimbas pada tingginya jumlah pengangguran.

8. Niger

Negara yang sering dianggap sama dengan Nigeria ini menghasilkan PDB per kapita US$ 573,571 (Rp8,7 juta). Padahal tanah Republik Niger dikaruniai dengan sumber daya pertambangan berupa emas dan uranium. Sayangnya, stok bahan pangannya sangat minim sehingga mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakatnya. Perseteruan antara jihadis dan kelompok ISIS juga semakin membuat warga Niger tersingkir.

7. Republik Sudan Selatan

Republik Sudan Selatan menjadi salah satu negara penyumbang kebutuhan minyak mentah dunia. Namun, perolehan PDB per kapitanya hanya US$ 569,407 (Rp8,6 juta). Inflasi berkepanjangan semakin membuat kesengsaraan di negeri ini menyentuh angka 51%. Pasokan pangan yang terbatas membuat 10,75 juta penduduknya harus menanggung krisis kesehatan.

6. Somalia

Salah satu dari 10 negara termiskin di dunia 2023, Somalia dilaporkan total PDB per kapitanya US$ 561,406 saja (Rp8,5 juta). Negara yang ditakuti para pelaut karena kesadisan perompaknya ini terus menghadapi tekanan ekonomi. Sebanyak 17,07 juta jiwa penduduknya juga mempunyai permasalahan di bidang kesehatan, kelaparan, dan kekeringan.

5. Madagaskar

Meskipun menjadi habitat para satwa langka dan menarik wisatawan internasional, belum mampu mengangkat kondisi perekonomian Madagaskar. IMF menyebutkan PDB per kapita bekas jajahan Perancis ini sebesar US$ 539,635 (Rp8,2 juta). Negara di Benua Afrika ini banyak mengandalkan komoditas pertanian dan tekstil.

4. Republik Afrika Tengah

Sebagai salah satu pengekspor minyak bumi, emas, uranium, hingga berlian, situasi perekonomian di Republik Afrika Tengah sangatlah suram. PDB per kapita pada 2023 hanya sebesar US$ 515,479 (Rp7,8 juta). Siapa sangka jika negara yang saat ini dipimpin oleh Faustin-Archange Touadera ini kaya akan sumber daya alam. Mulai dari kopi, tembakau, kapas, jagung, kacang tanah, singkong, sampai sorgum.

3. Malawi

Malawi juga masuk dalam jajaran 10 negara termiskin di dunia 2023. Negeri di sisi selatan daratan Afrika ini mengunggulkan produk dari bidang pertanian. Sayangnya, IMF menunjukkan data PDB per kapitanya hanya menyentuh US$ 482,55 (Rp7,3 juta). Persoalan kompleks terkait penggundulan hutan hingga HIV/AIDS masih menjadi PR besar bagi pemerintah Malawi.

2. Sierra Leone

Eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya mineral membuat kondisi lingkungan di Sierra Leone semakin terancam. Dengan iming-iming keuntungan besar, negara di bagian Afrika Barat ini justru bergantung pada bantuan negara lain. PDB per kapitanya US$ 471,606 atau sekitar Rp7,1 juta.

1. Burundi

Gelar negara paling miskin disabet oleh Burundi, sebuah negara di kawasan Afrika Timur. Hampir 12 juta populasi di negara beribu kota Gitega ini terpaksa bergulat dengan krisis air dan sanitasi. Kelangkaan bahan pangan juga turut menghantam Burundi. Perang antaretnis Hutu-Tutsi semakin memperparah kondisi di dalam negeri. Tidak mengherankan apabila PDB per kapitanya sekitar US$ 307,87 (Rp4,6 juta).

Itulah daftar 10 negara termiskin di dunia 2023 yang memiliki PDB per kapita terendah. Kemiskinan terus menjadi momok terburuk yang kerap kali menemui jalan buntu. Berbagai pihak terus mencari solusi untuk mengatasi persoalan ini. Termasuk pula organisasi IMF yang sering memberikan bantuan pada negara miskin.

Sumber : Tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *