KPU: 66.234 KPPS di Sulteng dilantik dan Siap Bertugas di 9.462 TPS

Foto : Ist

Palu, Landasan.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyebut sebanyak 66.234 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) telah dilantik di setiap KPU kabupaten dan kota di provinsi setempat sekaligus siap bertugas untuk penyelenggaraan pemilu 2024.

“Pada hari ini, 25 Januari 2024 sekitar pukul 09.00 WITA telah dilaksanakan pelantikan serentak KPPS di seluruh Indonesia, termasuk di Sulawesi Tengah,” kata Anggota KPU Sulteng Nisbah, di Palu, Kamis..

Nisbah mengatakan para petugas KPPS yang dilantik tersebut akan bertugas di 9.462 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Tengah.

“Setiap satu TPS akan ditempatkan tujuh petugas KPPS dengan SK penugasan mulai 25 Januari 2024 sampai 25 Februari 2024,” ujarnya.

Dia meminta petugas KPPS yang telah dilantik itu agar bekerja berpedoman pada ketentuan perundang-undangan, dan kode etik penyelenggara pemilu.

“Kami berharap petugas KPPS bekerja profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan mengawal orisinalitas suara pemilih,” katanya.

Selain itu, kata dia, KPPS juga diharapkan meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS.

Dia mengatakan pelantikan KPPS tersebut dirangkaikan dengan penanaman pohon oleh seluruh KPSS di wilayah kerja masing-masing di seluruh KPU se-Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan dan upaya pelestarian alam.

“Sebagai upaya reboisasi dan turut berkontribusi dalam memberi dampak signifikan pada pelestarian alam karena adanya kertas yang digunakan dalam pemenuhan logistik berupa kertas suara dalam pemilu 2024,” ujar Nisbah.

Editor : Tan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *