BAPPELITBANGDA Parimo Gelar Seminar Awal Penyusunan RoadMap Pengendalian Inflasi Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025-2027

Foto : Ist

PARIGI MOUTONG, Landasan.id – Mewakili PJ Bupati Parigi Moutong Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Moh. Yasir, membuka kegiatan Penyusunan RoadMap Inflasi Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025-2027 di Aula BAPPELITBANGDA, Kamis (7/3/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo, yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Moh. Yasir, menyampaikan menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada BAPPELITBANGDA Parigi Moutong yang bekerjasama dengan Universitas Tadulako dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Pembangunan daerah merupakan ativitas yang dilakukan secara berkelanjutan dan terintegrasi, untuk mewujudkan kondisi perekonomian daerah menjadi lebih baik, lebih meningkat dan lebih maju yang diarahkan mencapai target peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk kita ketahui bersama, laju inflasi di Kabupaten Parigi Moutong mengalami tren penurunan dalam kisaran sasarannya kecuali pada masa pandemi Covid-19” Ujarnya.

Pada bulan desember 2023 Inflasi Month To Month (MTM) Kabupaten Parigi Moutong, tercatat sebesar 0,90 persen dengan indeks harga konsumen 115.08, Inflasi Month To Month terjadi karena adanya kenaikan harga bahan makanan pada bulan Desember.

Terkait hal tersebut dinilai perlu untuk menyusun RoadMap (Peta Jalan) Pengendalian Inflasi, yang nantinya akan diintegrasi dengan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Parigi Moutong Tabun 2024-2026 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025-2045. Dengan tetap mengadopsi strategi kebijakan 4K yaitu Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif.

Lanjutnya, pengedalian inflasi sendiri dinilai penting sebagai pedoman pengedalian inflasi nasional dan daerah, dan dasar penyusunan Program Kerja Tim Pengendali Inflasi Dearah (TPID) Kabupaten Parigi Moutong secara periodikal.

Turut hadir mendampingi : Kejaksaan Negeri Parigi, Julian Charles Rotinsulu, Kepala Bapelitbangda, Wakapolres Parigi Moutong, Nana Taryana, Kepala BPS Parigi Moutong, Simon Antolis, Kepala Bappelitbangda, Irwan dan Dosen Untad Palu, Pattatope.

Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *