Tingkatkan Peran Bidan, IBI Parigi Moutong gelar Rakercab

IBI Parigi Moutong Gelar Rapat kerja Cabang Tahun 2023 dirangkaikan dengan peringatan hari ulang tahun IBI ke 72 Foto : Prokopim Parimo

Landasan.id – Rapat kerja cabang yang pertama kali dilaksanakan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Parigi Moutong ini merupakan forum rapat kerja tertinggi dalam organisasi Ikatan Bidan Indonesia di tingkat kabupaten serta merupakan wahana evaluasi dan pembinaan organisasi kepada ranting dan anggota IBI dalam membahas program, kegiatan – kegiatan dan peran bidan sesuai dengan sistem yang tertuang dalam AD/ART organisasi IBI, demikian kata Panitia Pelaksana Kegiatan Ratnasari Dewi

Lanjut Ratnasari tujuan diadakannya rapat kerja cabang ini ialah untuk penguatan organisasi dan meningkatkan kualitas anggota IBI serta merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun IBI ke 72.

“ penerapan pedoman pelaksanaan Rakercab ini dilapangan akan banyak dipengaruhi oleh situasi dan kondisi dari masing masing daerah, untuk itu diperlukan persiapan yang matang” ucap Ratnasari, Sabtu 29/7/2023.

Sementara itu Ketua IBI Kabupaten Parigi Moutong Mulvida saat dikonfirmasi media ini mengatakan keberadaan IBI pada saat ini berjenjang mulai dari tingkat pusat sampai daerah, keanggotaan IBI pada pengurus cabang Kabupaten Parigi Moutong saat ini berjumlah kurang lebih 807 orang yang tersebar diberbagai pustu, puskesmas, rumah sakit dan dinas kesehatan, yang terdiri dari 451 orang PNS, PTT 137 orang dan selebihnya sebagai tenaga kontrak daerah maupun tenaga honor.

Kata Mulvida Bidan saat ini merupakan potensi besar dalam menunjang kesuksesan program pemerintah dibidang kesehatan, olehnya ia berharap agar anggota IBI cabang Parigi Moutong selalu proaktif mengupdate ilmu – ilmu kebidanan terkini sehingga Bidan mampu meningkatkan keterampilan dan potensinya dalam memberikan pelayanan berkualitas khususnya dalam menekan angka kematian ibu dan bayi, penurunan stunting serta peningkatan derajat kesehatan.

Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai saat membuka Rapat Kerja Cabang IBI Kabupaten Parigi Moutong di Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong mengatakan Ikatan Bidan Indonesia atau IBI merupakan organisasi profesi yang menghimpun para bidan di Indonesia, Bidan menurutnya adalah tenaga profesional yang bertanggung jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra kerja perempuan untuk memberikan pelayanan terhadap pasien, khususnya pada perempuan dan bayi baru lahir serta balita, olehnya ia berharap agar para Bidan di Kabupaten Parigi Moutong semakin aktif dalam memberikan pelayanan kesehatan serta selalu memberikan edukasi kepada pasien khususnya ibu dan anak serta menjamin pelayanan yang aman bagi mereka dengan selalu berpatokan pada SOP.

“ Bidan adalah pahlawan yang memiliki peran strategis untuk membantu pasien khususnya bagi ibu dan anak “ ucap Wabup

Disela sela sambutannya Badrun juga berpesan agar para Bidan selalu berperan aktif dalam hal penurunan angka stunting di Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan HUT IBI ke 72 tersebut juga dihadiri oleh Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu, Ketua TP PKK Kabupaten Parigi Moutong Hj. Noorwachida Prihartini S. Tombolotutu, Unsur Forkompinda, Organisasi Perempuan serta para Kepala OPD.

Sumber : Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *